Joyce, et al (2000) menyatakan bahwa strategi khusus untuk mencapai suatu tujuan disebut model. Rober (Cole & Chan, 1994) memberikan pengertian tentang model sebagai suatu kumpulan pernyataan yang memberikan ciri lengkap dan konsisten tentang suatu bidang yang dapat diartikulasikan dengan baik. Joyce, et al (2009:25) dalam bukunya “Models of Teaching” menggolongkan model pembelajaran dalam empat kelompok, yaitu: (1) Kelompok Model Pengolahan Informasi (The information-processing family); (2) Kelompok Model Sosial (The social family); (3) Kelompok Model Personal (The personal family): dan (4) Kelompok Model Sistem Perilaku (The behavioral system family). Dimana setiap kelompok modelnya terdiri atas beberapa model pembelajaran.
Kelompok model pengolahan informasi terdiri atas: (1) Inductive Thinking Model; (2) Concept Attainment Model; (3) The Picture-Word Inductive Model; (4) Scientific Inquiry Model; (5) mnemonics (Memory Assists) Model; (6) Synectics Model; dan (7) Advance Organizers Model. Kelompok Model Sosial terdiri atas: (1) Partners in Learning; (2) Group Investigation Model; (3) Role Playing Model; dan (4) Jurisprudential Inquiry Model. Kelompok Model Personal terdiri atas: (1) Nondirective Teaching Model; dan (2) Enhancing Self Concepts through Achievement Model. Kelompok Model Sistem Perilaku terdiri atas: (1) Mastery Learning Model dan Programmed Instruction Model; (2) Direct Instruction Model; dan (3) Learning from Simulations: Training and Self-Training Model.
STRATEGI PEMBELAJARAN KONSEP
-
Sejak manusia dilahirkan sampai dengan meninggal, di dalam nalarnya
terdapat berbagai macam konsep. Konsep memberikan pengertian bermakna dan
konsep meru...
15 years ago
0 comments:
Post a Comment